5 Destinasi Wisata Peradaban Kuno Untuk Belajar Sejarah

Wisata Peradaban Kuno

Jika dibandingkan dengan jaman sekarang, pastinya teknologi dan peradaban 150 tahun lalu terlihat sangat berbeda. Tidak seru membosankan, biasa saja dan masih banyak hal lain. Namun peninggalan zaman dahulu ternyata memiliki banyak benda dan barang artistik yang bernilai historis tinggi.

Destinasi wisata peradaban kuno tersebut tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Jika Anda tertarik, berikut ini adalah beberapa lokasi yang bisa Anda kunjungi.

  1. Melihat Kehidupan Masyarakat Indonesia Jaman Penjajahan Di Lawang Sewu, Semarang

Ingin berlibur ke wisata peradaban kuno namun terhalang dengan biaya? Tidak perlu bingung, di Indonesia tepatnya di semarang ada Lawang Sewu yang bisa jadi tujuan wisata Anda. Gedung yang sebelumnya berfungsi sebagai kantor administrasi selama pemerintahan belanda ini, adalah warisan budaya peradaban kuno Indonesia di masa penjajahan. Bentuk khas bangunan kolonial, peralatan kuno zaman dulu, hingga miniatur kereta api daya tarik lokasi ini.

  1. Menelusuri Peradaban Yunani Kuno Beserta Dengan Dewanya Di Myra Necropolis, Turki

Peninggalan kuno Yunani kok ke Turki? Memang benar, lokasi bernama Myra Necropolis di provinsi Antalya Turki memang wisata peradaban kuno Yunani. Jejeran bangunan di dalam tebing ini dulunya adalah tempat yang dibangun sebagai tempat menyembah dewa. Dewa – dewi tersebut adalah dewa Yunani seperti Athena, Zeus, dan Tyche. Di Turki Anda juga bisa mengunjungi Gereja Tua mewah terbuat dari batuan marmer, St. Nicholas, yang dibangun pada abad ke 6 Masehi.

  1. Pergi Ke Athena, Yunani, Melihat Sejarah Kota Yang Melahirkan Banyak Orang Hebat

Jika memang ingin pergi ke Yunani, lokasi yang punya wisata peradaban kuno adalah Athena. Di sini Anda bisa menyaksikan kota tempat para genius seperti Aristoteles, Plato dan Socrates yang masih tetap disegani banyak orang. Selain itu ada juga banyak bangunan kuno megah yang bisa dikunjungi, yakni Acropolis, Parthenon, Erectheum dan stadion Panathenaic. Lokasi bersejarah tersebut bisa menjadi pilihan latar belakang  penuh sejarah saat Anda berfoto.

  1. Mempelajari Peninggalan Suku Maya Zaman Kuno Di Piramida Kukulcan, Meksiko

Beralih ke Meksiko, Piramida Kukulcan adalah destinasi wisata wajib untuk Anda pencinta sejarah. Bangunan bersejarah peninggalan suku maya yang dibangun tahun 502 – 522 Masehi ini masih berdiri tegap dan kokoh. Bahkan Anda bisa masuk dan lihat 2 sumur yang dulu dipakai untuk tempat meletakkan persembahan berupa gadis muda, perhiasan, jade hingga keramik.

  1. Menyaksikan Reruntuhan Peradaban Kehidupan Zaman Kuno Di Machu Pichu, Peru

Machu pichu yang berarti gunung tua sering kali disebut sebagai Kota inca yang hilang. Berada di ketinggian 2.350 meter di atas lembah Urumba, Peru, lokasi ini berupa hamparan rentetan reruntuhan bangunan tua. Bangunan tersebutlah yang dulunya disebut sebagai kota Inca. Selain itu, saat di lokasi pemandangan yang diberi sangat indah. Anda bisa lihat banyak gunung yang berdiri tegap di sekeliling lokasi wisata ini. Sehingga pesonanya seakan semakin indah.

Itulah beberapa lokasi wisata yang berupa peninggalan zaman peradaban kuno yang bisa Anda kunjungi. Tidak perlu pergi jauh, Anda bisa berkunjung ke tujuan liburan lawang sewu untuk mengenal kehidupan zaman penjajahan. Namun jika mampu, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Myra Necropolis, ke piramida Kukulcan, Machu pichu dan juga athena. Sembari menikmati liburan ke luar negeri, Anda juga bisa belajar kehidupan bersejarah di lokasi bersejarah tersebut.