6 Tips dan Trik Liburan Murah ke Luar Negeri

Trik Liburan Murah

Jalan- jalan ke luar negeri bukan lagi hal yang mewah dan tidak mungkin. Para pencinta traveling, sudah banyak yang pergi liburan ke negara sebelah hingga ke negara yang jauh di benua lain. Terkadang mendengar kata ke luar negeri, yang muncul di benak adalah biaya yang mahal. Sehingga impian tersebut sering tertunda.

Namun ternyata bisa juga pergi dengan biaya rendah. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah tips dan trik keuangan untuk Anda.

  1. Buat rekening khusus liburan

Solusi utama melawan masalah finansial ke luar negeri adalah dengan menabung. Gunakan tabungan khusus jika memungkinkan. Bagi Anda yang kesulitan untuk menabung, alternatif yang bisa digunakan adalah dengan membuat rekening tabungan. Gunakan fasilitas potong sebagian gaji secara otomatis untuk dimasukkan ke rekening tabungan liburan. Namun pilih bank dengan administrasi kecil, agar hasilnya lebih banyak.

  1. Cari promo tiket dan poin

Jika sudah puas dengan tabungan, saatnya untuk mencari tiket. Jelilah untuk mencari promo tiket penerbangan setiap saat. Jika Anda pengguna kartu kredit, seringlah mengumpulkan poin kartu tersebut. Biasanya Anda bisa menukarkan poin dengan promo menarik untuk tiket pesawat, diskon hotel hingga potongan harga tempat makan selama di luar negeri. Jadi perhatikan promo dan gunakan kartu dengan baik.

  1. Pergi saat musim dingin

Jika bingung cari promo tiket, coba Anda cari tiket keberangkatan di musim dingin. Tentunya tujuan wisata harus punya musim ini ya. Para traveler sering kali menggunakan trik ini karena musim dingin adalah masa low season liburan, jadi sering kali harga tiket pesawat dan biaya penginapan akan lebih murah. Bahkan selama 2 – 3 bulan musim dingin ini Anda bisa menghemat 50% biaya dan menikmati musim yang tidak ada di Indonesia.

  1. Jangan berlibur sendirian

Pertimbangkan untuk mengajak teman atau orang untuk ikut berlibur. Ternyata cara ini cukup efektif untuk memangkas biaya liburan. Semakin banyak orang yang mau ikut berlibur maka semakin kecil pengeluaran biaya. Anda juga bisa bergabung komunitas backpacker. Coba Anda bayangkan, jika single room seharga 500 ribu, biasanya double room hanya berkisar 700 ribuan saja dengan dibagi dua Anda bisa hemat 150 ribu.

  1. Planning Budget harian

Hal yang tidak kalah penting adalah memperhitungkan biaya harian saat liburan. Biasanya biaya bisa membengkak karena Anda tidak memberi batasan biaya pengeluaran. Entah itu karena keenakan jajan atau bermain, masalah over budget bisa sangat merugikan. Selain bisa menghindari kelebihan pengeluaran, trik yang satu ini juga bisa digunakan untuk gambaran kasar mengenai biaya yang diperlukan saat liburan.

  1. Gunakan Fasilitas Gratis Dengan Bijak

Jangan malu untuk mencari fasilitas gratis di negeri orang. Terdapat banyak sekali fasilitas gratis yang bisa membantu memangkas biaya pengeluaran. Sebagai contoh adalah wifi gratis hingga isi air minum gratis. Cukup mengejutkan, ternyata cara ini bisa mengurangi budget hingga 20-30%. Jadi uang berlebih yang masih Anda miliki bisa disimpan untuk traveling selanjutnya atau digunakan saat itu juga.

Itulah beberapa tips dan trick keuangan yang bisa Anda coba untuk memangkas biaya liburan ke luar negeri. Finansial yang tinggi memang sering menjadi momok untuk para traveler. Namun, dengan perhitungan dan perencanaan keuangan yang baik Anda juga bisa pergi dengan harga yang murah. Jadi pastikan untuk jeli mencari promo, hitung biaya harian, gunakan fasilitas gratis, dan pilih waktu yang tepat untuk liburan bareng ke luar negeri.