7 Pulau Cantik Nan Eksotis di Nusa Tenggara

Pulau Cantik Nan Eksotis di Nusa Tenggara

Ratusan pulau yang membentang ke timur dari Bali secara kolektif dikenal sebagai Nusa Tenggara, wilayah di Indonesia timur yang menjadi tujuan wisata yang semakin populer. Beberapa pulau memiliki jenis pantai sempurna yang sama yang menarik pengunjung ke tetangga mereka di Bali. Yang lain memiliki pemandangan, tradisi suku, dan atraksi budaya yang benar-benar unik. Dari danau kawah yang beraneka warna dan puncak gunung berapi hingga komodo dan ritual animisme, keanekaragaman pulau-pulau di Nusa Tenggara adalah apa yang membuat kunjungan ke kepulauan ini jadi sangat berkesan.

1. Pulau Alor

Alor adalah salah satu pulau paling timur di Nusa Tenggara. Ini juga salah satu pulau yang paling sedikit dikunjungi di kepulauan, menjadikan Alor tujuan yang ideal bagi para pelancong yang ingin merasakan kehidupan pulau di lingkungan yang belum terjamah. Gunung berapi yang melonjak di pusat Alor membentuk penghalang yang hebat, dan penduduk pulau sering menggunakan feri kayu untuk bepergian ke berbagai bagian pulau. Ibu kota Kalabahi di satu-satunya daerah datar di pulau itu. Menyelam dan snorkeling adalah kegiatan populer di pulau Alor. Pantai-pantai indah Alor, termasuk Mali, Maimol dan Batu Putih disukai untuk berjemur dan berenang santai.

2. Timor Barat

Terletak di ujung timur kepulauan Nusa Tenggara, Timor Barat membentuk setengah Indonesia dari pulau Timor. Timor Timur adalah negara merdeka. Kupang adalah kota utama dan ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur. Tempat wisata terdekat termasuk pohon kelapa, pasir putih dan perairan biru jernih di Pantai Lasiana dan kolam renang alami bawah tanah yang terletak di Gua Kristal. Kupang juga merupakan tempat yang baik untuk berbelanja tekstil ikat asli dan token kayu pahatan. Pulau lepas pantai Kera dan Semau di Timor Barat menawarkan kesempatan luar biasa untuk snorkeling dan menyelam.

3. Sumbawa

Terletak di sebelah timur Lombok, Sumbawa terkenal karena selancar yang luar biasa, meskipun sampai ke tempat selancar terbaik bisa menjadi tantangan di pulau yang sebagian besar belum berkembang ini. Dengan medan pegunungan dan populasi Muslim yang dominan konservatif, Sumbawa tidak memiliki infrastruktur dan akomodasi wisata di pulau-pulau lain di Nusa Tenggara. Peselancar dapat naik bus atau menyewa mobil di kota utama Sumbawa Besar untuk mencapai istirahat di Maluk atau pantai Lakey. Sumbawa Besar juga menawarkan akses ke Pulau Moyo, sebuah atol dan cagar alam yang menjadi tujuan snorkeling populer.

4. Sumba

Terletak di sebelah selatan kepulauan Nusa Tenggara yang melengkung, Sumba paling terkenal karena mempertahankan tradisi kunonya. Apakah itu situs pemakaman megalitik Zaman Perunggu, permainan perang Pasola yang terkadang mematikan, atau tekstil ikat yang sangat terperinci yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk dibuat, Sumba dapat terasa seperti pulau yang hilang dalam waktu. Sumba Timur memiliki beberapa resor bungalow di mana pengunjung dapat bersantai di pantai berpasir putih atau berpartisipasi dalam olahraga air seperti selancar, snorkeling, atau memancing.

5. Pulau Flores

Berbaring di sebelah timur Sumbawa dan di sebelah barat Lembata di Nusa Tenggara, pulau panjang Flores menawarkan serangkaian keajaiban alam dan arkeologis. Daya tarik paling terkenal di Flores adalah kaldera gunung berapi Kelimutu, yang memiliki tiga danau yang diberi makan oleh gas vulkanik yang berubah warna sesuai dengan jumlah oksidasi di dalam air. Ditemukan banyak temuan arkeologis di Flores. Sebuah perahu perunggu prasejarah dipajang di dekat desa Maumere, desa Bena dan Luba dikenal karena megalit Zaman Batu mereka dan di Gua Liang Bua adalah Flores barat, kerangka dari spesies Homo floresiensis yang sebelumnya tidak dikenal, dijuluki “hobbit,” ditemukan pada tahun 2004.

6. Taman Nasional Komodo

Meliputi Pulau Rinca, Pulau Komodo dan sejumlah pulau, Taman Nasional Komodo dikenal di seluruh dunia sebagai habitat Komodo Dragon, kadal pemantau karnivora raksasa yang panjangnya bisa mencapai 3 meter (10 kaki). Reptil berkeliaran bebas di pulau-pulau, dan pengunjung mengandalkan pemandu wisata yang berpengalaman untuk menjaga mereka aman. Taman Nasional Komodo juga terkenal sebagai tujuan scuba diving kelas dunia. Namun, karena hiu, ular laut, dan ubur-ubur tawon berbagi terumbu karang dengan kehidupan laut lainnya, itu bukan tempat bagi penyelam pemula. Area snorkeling seperti yang ada di Pantai Merah menawarkan opsi alternatif untuk penjelajahan bawah laut.

7. Lombok

Pulau paling barat Nusa Tenggara, Lombok sering dibandingkan dengan tetangga terdekatnya: Bali. Lombok memiliki jenis pantai yang sama indahnya, air terjun cipratan dan pemandangan gunung berapi seperti pulau di seberang Selat Lombok, dengan komersialisme yang lebih sedikit dan lebih sedikit keramaian. Dalam banyak hal, ini adalah surga tropis yang oleh banyak orang keliru membayangkan Bali sekarang. Wilayah utara pulau ini didominasi oleh gunung berapi Gunung Rinjani yang sangat besar, dan trekking setidaknya sebagian dari jalannya adalah alasan banyak wisatawan mengunjungi pulau itu. Tiga Kepulauan Gili, tak jauh dari pantai barat laut adalah tujuan pantai paling populer di Lombok, sedangkan resor Senggigi yang mewah dan Kuta, pusat selancar yang populer, juga menawarkan pantai-pantai yang indah. Dengan laguna buatan manusia dan perpaduan gaya arsitektur Hindu, Islam, dan asli Sasak, kuil Narmada Taman juga patut dikunjungi.