Pesona Keindahan Kepulauan Galapagos di Ekuador

Pesona Keindahan Kepulauan Galapagos di Ekuador

Kepulauan Galapagos adalah sekelompok pulau yang terletak hampir seribu meter dari Ekuador dan bagian dari Samudra Pasifik. Secara totalitas terbentuk oleh sekitar 235 pulau, yang permukaannya memanjang dari 1 km2 hingga 10 km2. Pada tahun 1978, UNESCO mendeklarasikan Kepulauan Galapagos sebagai Situs Warisan Dunia dan, pada kenyataannya, itu biasanya menerima ribuan pengunjung setiap tahun.

Pariwisata dan Sains

Salah satu alasan yang membuat kelompok pulau ini terkenal adalah karena di dalamnya Charles Darwin melakukan penelitiannya tentang asal-usul spesies tersebut. Ini adalah tempat ajaib yang tidak hanya memiliki keajaiban pariwisata, tetapi, karena kekayaannya dalam keanekaragaman hayati, ia melayani para ilmuwan untuk mempelajari tanaman dan hewan. Namun, bukan hanya jumlah spesies yang menghuni kepulauan, tetapi kekayaan taksonomi yang membuatnya cocok untuk studi ilmiah.

Sedikit Sejarah

Kepulauan itu ditemukan pada tahun 1535, hampir secara tidak sengaja, berkat penyimpangan kapal Uskup Panama, Fray Tomás de Berlanga ketika ia menuju ke negara Peru saat ini. Yang pertama yang mengintegrasikan pulau-pulau dalam peta geografis, adalah kartografer Ortelius dan Mercator, sekitar tahun 1570 dan menggambarkannya sebagai “Kepulauan Penyu”. Fakta yang aneh adalah bahwa pulau-pulau di kepulauan itu digunakan, selama bertahun-tahun, sebagai tempat persembunyian harta karun, oleh bajak laut Inggris yang mencuri para navigator Spanyol.

Ekspedisi Malaspina 1790 oleh Alejandro Malaspina, adalah perjalanan eksplorasi pertama ke pulau itu tetapi hasilnya tidak pernah diketahui. Sekitar 1800, José Villasmil memerintahkan komisi penjelajah yang memiliki misi untuk menyelidiki keberadaan pabrik Orchila. Akhirnya, pada 12 Februari 1832, pemerintah Jenderal Juan José Flores membaptis pulau-pulau itu sebagai “Archipelago de Colón”.

Keindahan Kepulauan Galapagos

Antara pulau-pulau utama nusantara dapat disebutkan:

  • Isabella
  • Santa Cruz
  • San Cristobal
  • Marchena
  • Pinta
  • Santa Fe
  • Genovesa

Semuanya menonjol karena iklim dan keanekaragaman flora dan fauna mereka. Depresi material vulkanik dan kejengkelan laut terhadap bebatuan, menawarkan pengunjung sebuah tontonan visual yang pantas dilihat. Gua-gua yang ada di pekarangan mereka adalah persembunyian perompak Inggris dan ketenaran, spesies endemik mereka, berkali-kali tidak benar-benar menghormati keindahan dan keagungan yang dibungkus dengan Kepulauan Galapagos yang luar biasa, tempat yang indah untuk dikunjungi.